top of page

ARTICLES

HONEST : Pre-ComDev Training



Pada 16 Februari 2020, SCORP CIMSA FK UNSYIAH mengadakan training mengenai Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) yang diikuti lebih dari 20 member, di Cut Nun Lingke. Training ini merupakan salah satu rangkaian acara sebelum pelaksanaan Community Development dari SCORP CIMSA FK UNSYIAH, yaitu HONEST (Help Our Special Needs Children) yang merupakan kegiatan mengenai Disaster Mitigation untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Pada kegiatan ini turut mengundang teman-teman tuli dari DPD GERKATIN (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Aceh sebagai pemateri dalam training ini, dimana teman-teman tuli juga mengajak para translator yang akan menerjemahkan bahasa isyarat mereka agar materi tersampaikan kepada para member. Training ini bertujuan untuk mengajarkan para member cara menggunakan bahasa isyarat (BISINDO) yang diperuntukkan kepada orang tuli sebagai media komunikasi, dan untuk memudahkan para member saat berkomunikasi dengan anak-anak tuli pada Community Development yang akan berlangsung. Tuli sebagai media komunikasi, dan untuk memudahkan para member saat berkomunikasi dengan anak-anak tuli pada Community Development yang akan berlangsung.


Training diawali dengan pemaparan mengenai abjad isyarat, dilanjutkan dengan isyarat dalam perkenalan, kemudian isyarat untuk kosa kata dasar dan isyarat mengenai kata-kata mitigasi bencana.


Alhamdulillah, training ini berjalan lancar dengan antusiasme member CIMSA FK Unsyiah yang hadir. Semoga kedepannya semua calon dokter lebih menekuni dan mampu menggunakan bahasa isyarat dengan baik, untuk kelancaran akses kesehatan bagi teman-teman tuli.

Recent Posts
bottom of page